AdSense

TIPS ARTAGO CARA MERAWAT MOTOR GEDE AGAR AWET DAN SEHAT


Suara Rakyat Bogor News, Kabupaten Bogor - Para pecinta motor gede (moge) di Indonesia dari tahun ke tahun terus bertambah. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya komunitas atau klub moge salah satunya di Kabupaten Bogor.

Bagaimana cara merawat moge agar performanya terjaga dan awet, Artago, pemilik bengkel “Artago motor” yang berlokasi di jalan raya Dasuki bakri, Desa Cibatok 2, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten  Bogor,  mengatakan, “ meski serupa merawat moge tidak seperti menjaga sepeda motor sport biasa atau skuter dll. Selasa ( 2/4/2019 ).



"Kalau soal perawatan, sebenarnya sama saja dengan motor pada umumnya. Pembedaanya adalah dicek secara menyeluruh dan detail. Karena kalau rusak spare partnya mahal," ujar Artago, saat berbincang ringan dengan Suara Rakyat Bogor News.



Dia pun memberikan tips-tips merawat motor gede agar awet dan sehat. Yaitu :

Ke 1. Ganti oli secara rutin ' Paling utama dalam perawatan moge adalah mengganti oli secara rutin. Hal ini diperlukan agar mesin terjaga dan kinerja kendaraan tetap prima.

"Sebaiknya setiap 2.000 km oli moge harus diganti. Meskipun jarang digunakan, ganti oli harus tetap dilakukan secara teratur dan jangan lupa menggunakan oli sesuai dengan jenis moge. 

Ke 2. Perhatikan kualitas bahan bakar ' ketika memutuskan untuk membeli moge, hal yang pelu diperhatikan yaitu tentang bahan bakar yang digunakan. Biasanya penggunaan bahan bakar untuk moge, yaitu pertamax atau pertamax plus.

"Moge itu kan mesinnya sudah Euro 4. Jadi, bahan bakarnya juga harus standar Euro 4 seperti Pertamax Turbo atau sekelasnya. 

Ke 3. Rutin mengecek rantai ' Pengecekan rantai pada moge minimal dilakukan satu kali dalam sebulan. Tidak bisa dipungkiri ketegangan rantai akan mengalami perenggangan. 

"Bila rantai moge Anda sudah renggang gantilah dengan yang baru, jangan sampai diakali. 

Ke 4. Cek bagian kelistrikan terutama aki ' Merawat aki atau beterai kendaraan sangat penting. Hal itu berlaku juga untuk aki moge. Apabila akinya lemah, langkah yang paling tepat, yaitu mengisi air aki yang kurang dan mengisi ulang kelistrikan kurang lebih 2,5 jam. Sementara untuk aki kering biasanya ada usia pakai. Jika sudah lemah segera ganti yang baru.

"Jika motor gede (moge) Anda tidak digunakan dalam waktu relatif lama, alangkah baiknya kabel aki pada kutub negatif (-) dilepas. 

Ke 5. Kontrol tekanan angin ban ' Kontrol terhadap tekanan angin ban merupakan salah satu cara merawat moge agar lebih awet. Nah, jika tekanan angin di bawah batas standar, bisa berpengaruh pada kestabilan moge saat digunakan. Bahkan, dapat membahayakan pengendara.

"Umumnya, tekanan angin pada ban depan moge sekitar 32 sampai 34 psi, sedangkan roda belakang 39 hingga 41 psi," ujar Artago. ( Agil ).

No comments