AdSense

DPUPR KABUPATEN BOGOR GELAR BIMTEK KSM


SRBN, Kabupaten Bogor –Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bidang
Penyehatan Lingkungan, Seksi Drainase, membuat konsep untuk mensukseskan kegiatan.

Pembangunan Penyediaan Prasarana dan Sarana Drainase Vertikal secara tepat manfaat dan tepat guna bagi
masyarakat Kabupaten Bogor.” kata Kepala Seksi Drainase Tika Rachmawati,ST.MSc.

Hal ini diawali dengan adanya berbagai Pelatihan yang diselenggarakan
oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk mempersiapkan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), yang nantinya akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan konstruksi penyediaan prasarana dan saranan drainase vertikal yang dibangun.

“Program pelatihan ini sangat diperlukan bagi kelancaran Pelaksanaan di lapangan nantinya, seperti terkutip dalam keterangan peserta bimbingan teknis kelompok swadaya masyarakat yang berlangsung selama tiga hari.

“Kami sangatlah bersyukur dengan
adanya program bimbingan teknis ini, mengapa? Karena sebelum mendapat bimbingan teknis ini kami belum
begitu mengerti mengenai drainase vertikal,” kata peserta Bimtek.Rabu ( 20/11/19)

Dia menambahkan,”Manfaat dan pelaksanaan pekerjaan pembangunan penyediaan prasarana dan sarana drainase vertikal, tetapi setelah diadakan bimbingan teknis ini kami telah mengerti  bagaimana cara pelaksaan dilapangan secara baik dan profesional,” tambahnya.

Menurut kasi drainase Tika Rachmawati,ST.MSc memaparkan pembangunan drainase vertikal ini, DPUPR Kabupaten Bogor menitikberatkan pada wilayah –wilayah rawan genangan, dikarenakan wilayah Kabupaten Bogor yang tergolong luas, maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor membentuk tim monitoring dalam berbagai wilayah kerja.

“Pembagian wilayah kerja ini diharapkan dapat mempercepat koordinasi dan evaluasi ke wilayah – wilayah yang mengalami genangan di kabupaten Bogor.” kata kasi.

Bimtek menghadirkan Narasumber – narasumber yang professional dan aplikatif dibidang drainase. Dimana Narasumber – narasumber tersebut telah memberikan pengetahuannya pada para peserta KSM, sehinggga peserta dapat mengerti ilmu – ilmu yang amat sangat berguna ini.

Disamping itu juga dalam pelatihan KSM ini menghadirkan narasumber dari pelaksana konstruksi drainase vertikal yang telah berhasil dalam pelaksanaan di lapangan, sengaja dihadirkan guna memberikan pengalaman – pengalamannya yang bermanfaat kepada para peserta KSM penyediaan prasarana dan sarana drainase vertikal.

Tidak hanya teori saja dalam bimbingan teknis ini juga Peserta Pelatihan dilatih berbagai keterampilan penunjang Pengelolaan drainase vertikal. Dan yang tidak kalah pentingnya peserta bimbingan teknis KSM diajak meninjau langsung lapangan ke Desa percontohan seperti; Desa Purwasari Kecamatan Dramaga.

Desa Purwasari ini merupakan salah satu contoh Desa – desa dari puluhan desa percontohan lainnya yang ada di
Kabupaten Bogor yang berhasil melaksanakan pembangunan dan merasakan manfaat dari terbangunnya drainase vertikal untuk menangani pengurangan genangan air hujan saat musim penghujan.(*).

No comments